Hubungan Sikap Belajar Mandiri Dengan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X Air Frame And Power Plain 1 dan X Air Frame and Power Plain 2 di SMK Penerbangan Nusantara Ketaping

Santia, Santia (2020) Hubungan Sikap Belajar Mandiri Dengan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Pada Siswa Kelas X Air Frame And Power Plain 1 dan X Air Frame and Power Plain 2 di SMK Penerbangan Nusantara Ketaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_SANTIA_15073007_982_2020.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara Sikap Mandiri Dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X AP 1 dan X AP 2 di SMK Penerbangan Nusantara Ketaping. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Sikap Mandiri sebagai variabel X dan Hasil Belajar Gambar Teknik sebagai variabel Y. Penelitian ini bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel (X) terhadap Variabel (Y) serta bentuk hubungan yang terjadi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Air Frame and Power Plain SMK Penerbangan Nusantara Ketaping Negeri berjumlah 62 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus dari Taro Yamane. Berdasarkan Rumus tersebut maka dapat diperoleh jumlah sampel untuk siswa adalah sebanyak 3 8 orang siswa Uji coba instrumen dilakukan terhadap siswa di luar sampel berjumlah 30 orang, untuk menentukan validitas angket digunakan rumus Product Moment dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pemyataan tidak valid 8 item nomor 3, 5, 11, 13, 16, 50, 55 dan 58. dan untuk menentukan reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbbach diperoleh harga Thitung 0,761 dengan Ttabel = 0,361 artinya instrumen penelitian sangat reliabel. Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,761 dimana harga Itabel = 0,361, karena rtabet< Thitung maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Sikap Mandiri Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik di kelas X AP 1 dan X AP 2 SMK Penerbangan Nusantara Ketaping. Dengan kategori interpretasi koefisien korelasi Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 00:59
Last Modified: 29 Mar 2021 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28044

Actions (login required)

View Item View Item