Persepsi Pasangan Usia Subur (PUS) tentang Keluarga Berencana di Wilayah Pesisir Pantai Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Maisyaqinah, Maisyaqinah (2019) Persepsi Pasangan Usia Subur (PUS) tentang Keluarga Berencana di Wilayah Pesisir Pantai Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAISYAQINAH_1148_14045004_2019.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi PUS tentang KB di Wilayah Pesisir Pantai Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman berdasarkan tingkat pendidikan, umur, pekerjaan dan pendapatan PUS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh PUS yang berada di wilayah pesisir pantai Kecamatan Pariaman Utara. Sampel wilayah berada di Desa Naras I dan Desa Padang BiriBirik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Responden berjumlah 71 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan skor T dengan kategori persepsi positif dan negatif dilanjutkan dengan rumus persentase dan uji chi-square. Penelitian ini menemukan bahwa; (1) PUS umumnya mempunyai persepsi yang positif tentang KB. (2) Persepsi PUS tentang KB berbeda secara signifikan antara yang berpendidikan tinggi dengan yang berpendidikan rendah. Artinya persepsi PUS yang berpendidikan tinggi lebih positif dibandingkan yang berpendidikan rendah. (3) Persepsi PUS tentang KB berbeda antar kelompok umur. Namun setelah dilakukan uji beda menggunakan chi square ditemukan bahwa tidak ada beda secara signifikan persepsi PUS tentang KB. (4) Persepsi PUS tentang KB berbeda antar jenis pekerjaan. Namun setelah dilakukan uji menggunakan chi square ditemukan bahwa tidak ada beda secara signifikan persepsi PUS tentang KB. (5) Persepsi PUS tentang KB berbeda dengan yang berpendapatan tinggi dibanding yang berpendapatan rendah. Namun setelah dilakukan uji menggunakan chi square ditemukan bahwa tidak ada beda secara signifikan persepsi PUS tentang KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:45
Last Modified: 19 Aug 2020 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28041

Actions (login required)

View Item View Item