Persepsi Anak tentang Perlakuan Orangtua dalam Menunjang Kegiatan Belajar di SDN 27 Sijunjung

Selvia, Mega (2019) Persepsi Anak tentang Perlakuan Orangtua dalam Menunjang Kegiatan Belajar di SDN 27 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MEGA_SELVIA_15006067_4247_2019.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar merupakan aktivitas yang dilakukan siswa dalam mencapai tujuan belajar. Dalam menunjang kegiatan belajar anak orangtua harus mampu memberikan perlakuan yang efektif kepada anak, agar anak memperoleh hasil belajar yang optimal. Kegiatan belajar anak yang efektif akan berpengaruh langsung terhadap hasil belajar anak. Kenyataan di lapangan masih ada orangtua yang belum sepenuhnya memberikan perlakuan yang efektif dalam menunjang kegiatan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi anak tentang perlakuan orangtua dalam menunjang kegiatan belajar, antara lain berupa: (1) perlakuan orangtua dalam memenuhi kebutuhan dasar anak, (2) perlakuan orangtua dalam membimbing anak, (3) perlakuan orangtua dalam mendidik anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian yaitu keseluruhan siswa kelas IV, V, dan VI SDN 27 Sijunjung berjumlah 75 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen (angket) dan analisis data menggunakan metode deskriptif. Temuan penelitian mengungkapkan secara keseluruhan persepsi anak tentang perlakuan orangtua dalam menunjang kegiatan belajar tergolong baik. Secara rinci: persepsi anak tentang perlakuan orangtua dalam memenuhi kebutuhan dasar, membimbing, dan mendidik anak, tergolong pada kategori baik. Beradasarkan hasil uji anava, tidak terdapat perbedaan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam mempersepsi perlakuan orangtua, berdasarkan tingkatan kelas terdapat perbedaan antara kelas IV dan VI dalam mempersepsi perlakuan orangtua, sedangkan antara kelas IV dan V tidak berbeda secara signifikan, begitu juga antara kelas V dan VI tidak berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:27
Last Modified: 19 Aug 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28037

Actions (login required)

View Item View Item