Pengelolaan Emosi Remaja Awal. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan

Aviriani, Hani (2019) Pengelolaan Emosi Remaja Awal. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HANI_AVIRIANI_15006089_5913_2019.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Remaja merupakan masa dimana individu mengalami transisi perkembangan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, yaitu mampu dalam kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik. Emosi dapat mempengaruhi cara berpikir individu bahkan tindakan. Ketidakmampuan mengelola emosi merupakan gambaran adanya emosi-emosi yang tidak terkendali dan mencerminkan ketidakseimbangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan emosi remaja awal ditinjau dari kemampuan mengendalikan interpretasi stimulus-stimulus yang menimbulkan emosi dan kemampuan mengendalikan ekspresi dari emosi yang muncul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMP N 7 Padang berjumlah 785 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 265 orang ditetapkan dengan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket model skala likert. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan pengelolaan emosi siswa dalam mengendalikan interpretasi stimulus-stimulus yang menimbulkan emosi berada pada kategori baik dengan persentase 67,5%, dan kemampuan siswa dalam mengendalikan ekspresi dari emosi yang muncul berada pada kategori baik dengan persentase 70,2%. Jadi kemampuan mengelola emosi remaja awal tergolong baik dengan persentase 76,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:27
Last Modified: 19 Aug 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item