Hubungan Interaksi Sosial Siswa dan Guru dengan Motivasi Belajar Siswa

Sanovan, Alvino (2019) Hubungan Interaksi Sosial Siswa dan Guru dengan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ALVINO_SANOVAN_15006082_4368_2019.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik yang terjadi antara individu dengan orang lain dan individu dengan lingkungannya sehingga memberi pengaruh timbal balik kepada individu dan orang tersebut. Hal ini juga berkenaan dengan siswa yang tidak menyapa guru saat masuk ke dalam kelas, dan juga siswa tidak menjawab saat guru memberikan pertanyaan. Interaksi sosial yang baik mengarah pada motivasi belajar. Oleh karena itu interaksi sosial sangat berperan dalam motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) interaksi sosial, (2) motivasi belajar, dan (3) menguji hubungan interaksi sosial siswa dan guru dengan motivasi belajar siswa di SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Adabiah Padang sebanyak 485 orang siswa, dengan sampel sebanyak 219 orang siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket berskala. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) interaksi sosial siswa dan guru berada pada kategori baik, (2) motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial siswa dan guru dengan motivasi belajar siswa dengan r 0,531. Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi sosial siswa dan guru dengan dengan motivasi belajar siswa. Semakin baik interaksi sosial siswa dan guru, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:01
Last Modified: 18 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28021

Actions (login required)

View Item View Item