Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Letusan Gunung Kerinci Di Desa Gunung Labu Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci

Yulisar, Fiorian (2019) Adaptasi Masyarakat Terhadap Bencana Letusan Gunung Kerinci Di Desa Gunung Labu Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FIORIAN_YULISAR_2549_1305993_2019.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi masyarakat terhadap bencana letusan Gunung Kerinci di Desa Gunung Labu Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu Pemerintah Desa Gunung Labu, tokoh masyarakat dan masyarakat yang berjumlah 12 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa masyarakat Desa Gunung Labu beradaptasi dengan membangun rumah yang kokoh, dinding rumah yang terbuat dari semen dan atap rumah yang terbuat dari seng agar tahan terhadap hujan air dan hujan abu vulkanik. Adaptasi yang dilakukan masyarakat dengan menanam tanaman pertanian masyarakat menyesuikan dengan menanan tanaman pertanian yang masa panennya lebih cepat. Adaptasi yang dilakukan masyarakat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mudah temukan disekitar mereka, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Adaptasi yang dilakukan masyarakat dengan memakai masker, sarung tangan, kaos kaki, baju dan celana yang tebal agar terhindar dari dinginnya udara pegunungan dan letusan abu vulkanik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:01
Last Modified: 18 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28019

Actions (login required)

View Item View Item