Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Bimbingan Teknologi lnformasi dan Komunikasi

Marlina, lntan (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Bimbingan Teknologi lnformasi dan Komunikasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_INTAN_MARLINA_16138131_1183_2020.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya waktu pembelajaran untuk bimbingan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara klasikal yang sebelumnya 2x45 menit menjadi lx45 menit setiap minggunya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan modul pembelajaran berbasis multimedia untuk Bimbingan TIK di MAN 1 Bungo. 2) Mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas modul pembelajaran untuk bimbingan TIK di MAN 1 Bungo. Jenis metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Intruksional Development Institute (IDI). Prinsip pendekatan sistem yang diterapkan IDI terdiri dari tiga tahap, yaitu penentuan, pengembangan, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MAN 1 Bungo tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi untuk mengukur validitas, angket respon untuk mengukur praktikalitas, dan soal posttest berupa pilihan ganda untuk mengukur efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis multimedia untuk bimbingan TIK dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik. Dari hasil posttest dapat disimpulkan rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol artinya bahwa modul pembelajaran berbasis multimedia untuk bimbingan TIK efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:36
Last Modified: 05 Apr 2021 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item View Item