Kontribusi Minat Baca dan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci

Samda, Irma (2020) Kontribusi Minat Baca dan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_IRMA_SAMDA_110803_61_2020.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isi jumal penelitian dan wawancara yang telah peneliti lakukan. Hasil wawancara tersebut mengindikasikan bahwa keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci belum seperti yang diharapkan. Fenomena ini diduga ada kaitannya dengan minat baca dan membaca pemahaman yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan isi jumal penelitian, juga dinyatakan bahwa minat baca dan membaca pemahaman memiliki kontribusi terhadap keterampilan menulis eksposisi. Bertolak dari permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan kontribusi minat baca dan membaca pemahaman, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Metode korelasional ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antar variabel yang diteliti. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 165 siswa dan sampel penelitian berjumlah62 siswa dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian iniberupa angket, tes objektif, dan tes keterampilan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi PPM, uji korelasi ganda, uji t, uji F dan uji regresi. Untuk mengetahui besamya kontribusi antar variabel yang diteliti, digunakan rumus koefisen determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal, yaitu: pertama, hasil perhitungan tingkat pemahaman responden terhadap variabel minat baca adalah69, 16% dengan kategori lebih dari cukup,sedangkan kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis eksposisi sebesar 11 %. Kedua, hasil perhitungan tingkat pemahaman responden terhadap variabel membaca pemahaman adalah 66,34% dengan kategori lebih dari cukup, sedangkan kontribusi membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis eksposisi sebesar 16,9%. Ketiga, hasil perhitungan tingkat pemahaman responden terhadap variabel keterampilan menulis eksposisi adalah 75,39% dengan kategori baik, sedangkan kontribusi minat baca dan membaca pemahaman secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis eksposisi sebesar 23,7%. Maka, secara keseluruhan minat baca dan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:23
Last Modified: 29 Mar 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28004

Actions (login required)

View Item View Item