Peran Guru PPKn sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Pendidikan Politik di Sekolah (Studi Komparasi SMAN 1 dan SMAN 10 Kota Padang)

Silvia, Mega (2020) Peran Guru PPKn sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Pendidikan Politik di Sekolah (Studi Komparasi SMAN 1 dan SMAN 10 Kota Padang). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4-MEGA_SILVIA_18230010_407_2020.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui peran guru PPKn sebagai fasilitator dan motivator dalam pendidikan politik di sekolah. Penelitian ini di lakukan di SMAN 1 dan SMAN 10 Kota Padang. Peranan guru terdapat pada undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 pasal 1 ayat (1) Tentang Guru dan Dosen, peranan guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi komparasi, untuk mengungkapkan bagaimana peran guru sebagai fasilitator dan motivator dalam pendidikan politik di SMAN 1 dan SMAN 10 kota Padang. Data di peroleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru tidak berusaha untuk mengetahui kemampuan awal siswa, 2) Guru tidak pernah mengajak berfikir siswa, 3) Guru tidak berusaha memperoleh umpan balik, 4) Guru menganggap bahwa ia adalah orang yang paling mampu menguasai pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:12
Last Modified: 05 Apr 2021 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27975

Actions (login required)

View Item View Item