Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik symbolic Modelling Dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Narapidana Remaja

Yuliarsih, Eflen (2020) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik symbolic Modelling Dalam Meningkatkan Penerimaan Diri Narapidana Remaja. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFLEN_YULIARSIH_17151058_1470_2020.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Rendahnya penerimaan diri narapidana remaja di lembaga pemasyarakatan merupakan suatu masalah dalam dunia pemasyarakatan yang memerlukan suatu tindakan secara cepat dan tepat. Narapidana remaja yang memiliki penerimaan diri yang rendah ditandai dengan perilaku seperti ketidaksiapan untuk bebas dan kembali ke masyarakat, dan berdampak pada banyak diantara mereka memilih melakukan kesalahan lagi sehingga dijebloskan kembali kedalam lembaga pemasyarakatan. Upaya konseling yang dapat dilakukan salah satunya melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik symbolic modelling. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan desain A-B-A'. Subjek penelitian ini adalah narapidana remaja LPKA Kelas II Tanjung Pati. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria kondisi penerimaan diri narapidana remaja berada pada kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket penerimaan diri narapidana remaja. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis data visual dan grafik. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling efektif untuk meningkatkan penerimaan diri narapidana remaja pada subjek KZ, AD, FK, IR, WH, ET, RM, dan HF. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling juga efektif untuk meningkatkan penerimaan diri narapidana selama intervensi diberikan. Disarankan kepada konselor dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modelling dalam mengembangkan kehidupan efektif sehari-hari (KES) dan mengentaskan kehidupan efektif sehari-hari terganggu (KES-T) yang bertujuan membentuk pribadi yang mandiri dan mampu menerima dirinya, khususnya narapidana remaja di Lapas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:36
Last Modified: 05 Apr 2021 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27972

Actions (login required)

View Item View Item