Pengembangan Modul Belajar Berbasis Competency Based Training (CBT) pada Mata Pelajaran Desain Gratis Percetakan Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan

Trinanda, Jessica (2020) Pengembangan Modul Belajar Berbasis Competency Based Training (CBT) pada Mata Pelajaran Desain Gratis Percetakan Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_JESSICA_TRINANDA_17138073_1177_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat menuntut adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Kama daya saing Indonesia dengan berbagai negara sangat ditentukan oleh pembinaan Sumber Daya Manusianya. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas manusia adalah dengan pendidikan kejuruan yang dapat membina dan mengembangkan kompetensi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan Modul belajar berbasis CBT pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan. Kemudian modul tersebut diuji kevalidannya, kepraktisan digunakan dalam proses pembelajaran, dan kefektifan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan dukungan altematif media pembelajaran untuk meingkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and Development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan disseminate.Data diperoleh melalui angket dari validator dan angket respon peserta didik serta angket respon guru terhadap modul yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu telah berhasil mengembangkan modul belajar berbasis Competency Based Training (CBT) pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan. Modul yang dikembangkan dikategorikan valid berdasarkan respon ahli media, dan ahli materi. Hasil praktikalitas modul dalam kategori praktis dilihat berdasarkan respon guru mata pelajaran dan respon peserta didik. Modul menghasilkan nilai efektif berdasarkan hasil belajar kognitif dengan melihat ketuntasan klasikal setelah menggunakan modul serta dengan menganalisis perbedaan hasil pretest dan posttest. Modul juga dikategorikan sangat efektif berdasarkan pengujian hasil belajar psikomotor siswa yang telah mencapai ketuntasan klasikal. Begitu juga dengan penilaian afektif yang dikategorikan sangat efektif karena telah mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah.Penelitian ini merekomendasikan kepada guru dan peserta didik menggunakan modul belajar berbasis competency Based Training (CBT)sebagai media belajar yang dapat mendukung peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:12
Last Modified: 05 Apr 2021 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27971

Actions (login required)

View Item View Item