Pengembangan Model Deeper Learning Cycle-PjBL berbasis Resource sharing pada Matakuliah J aringan Syaraf Tiruan

Sitorus, Zulham (2020) Pengembangan Model Deeper Learning Cycle-PjBL berbasis Resource sharing pada Matakuliah J aringan Syaraf Tiruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ZULHAM_SITORUS_16192062_1565_2020.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan model Deeper Learning Cycle-PjBL berbasis Resource sharing dalam penerapan literasi informasi untuk mempersiapkan proses pembelajaran dan mengetahui bagaimana kemampuan belajar mahasiswa. Model Deeper Learning Cycle-PjBL berbasis Resource sharing terdiri dari aplikasi Resource sharing, buku model, buku modul ajar, perangkat pembelajaran, penggunaan aplikasi dosen dan penggunaan aplikasi mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development model Borg and Gall dengan 10 tahap yang kemudian disederhanakan menjadi 5 tahap pengembangan. Model Deeper Learning Cycle- PjBL berbasis Resource sharing menghasilkan 6 sintak diantaranya: Formulating Problem Solving, Design a Plan for the Project, Project Analysis of Device Support System, Preassesing, Evaluation of Feasebility Testing Project, Asset the OutcomeVntuk instrument yang digunakan dalam mengukur validitas, praktikalitas dan efektifitas model validasi dilakukan oleh pakar pada kegiatan Focus Group Discussion. Validitas model dianalisis dengan menggunakan Aiken 'V sedangkan praktikalitas praktikalitas model diukur oleh pengguna. Efektifitas model diukur dengan menggunakan cara pemakaian model dan pengukuran hasil belajar. Untuk responden digunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol denganjumlah 33 mahasiswa dan dilakukan analisis dengan uji-t. Penelitian dalam pengembangan model melalui kajian secara saintifik, dan dilakukan penganalisisan dengan cara pengujian Confirmatory Factor Analysis menggunakan aplikasi Lisrel. Hasil uji konstruk pada sintak setelah melalui pengujian memenuhi kriteria goodness-of-fit-models dengan niai P. Value= 0.54750, sedangkan untuk nilai RMSEA = 0.000, dengan demikian untuk nilai x2/df ~ 2 dengan demikian Model Deeper Learning Cycle-PjBL berbasis Resource sharing dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:12
Last Modified: 05 Apr 2021 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27967

Actions (login required)

View Item View Item