The Use of "Kahoot" (Online Quiz Application) in Teaching Grammar for Second Year Students at Sma Pembangunan Laboratorium UNP

Prawira, Rahaka Panji (2020) The Use of "Kahoot" (Online Quiz Application) in Teaching Grammar for Second Year Students at Sma Pembangunan Laboratorium UNP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAHAKA_PANJI_PRAWIRA_15018083_625_2020.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penguasaan Grammar dalam proses pembelajaran bahasa Inggris siswa. Hal ini terjadi karena latihan dalam proses pembelajaran masih belum beragam, salah satu contoh latihan yang bisa digunakan adalah Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik dari penggunaan Kahoot dalam pengajaran Grammar siswa kelas dua di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen "pre-test dan post-test control group design". Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada periode Juni-Desember tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas XI IBB sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir pengajaran Grammar tanpa dan menggunakan aplikasi Kahoot kepada siswa tahun kedua di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skor tes dibandingkan menggunakan rumus t-test untuk menentukan efektivitas penggunaan Kahoot dalam pengajaran Grammar. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Kahoot memberikan pengaruh baik dalam pengajaran Grammar pada siswa kelas dua SMA Pembangunan Laboratorium UNP karena thitung> ttabel (4.75> 1.68) pada taraf signifikan 0.05. Jadi, disimpulkan bahwa pengajaran Grammar pada siswa kelas dua SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan menggunakan Kahoot lebih baik daripada tanpa menggunakan Kahoot.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:35
Last Modified: 05 Apr 2021 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27963

Actions (login required)

View Item View Item