Budiman, Arif (2019) Fisibilitas Pembelajaran High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_ARIF_BUDIMAN_3074_15045001_2019.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fisibilitas pembelajaran HOTS ditinjau dari aspek perencanaan, aspek pelaksanaan, dan aspek penilaian pada materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan bahwa pembelajaran geografi HOTS belum terlaksana dengan baik dan keinginan penulis untuk mendalami melalui sebuah penelitian . Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan SMA Pertiwi 1 Padang yang belajar materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan kelas yang terpilih adalah X IIS 1 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan X IIS 2 di SMA Pertiwi 1 Padang. Hasil penelitian menunjukkan (1) ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan SMA Pertiwi 1 Padang sama sama termasuk kedalam kategori baik dengan persentase 78.5%. (2) ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan Aktivitas Belajar Lanjut (ABL), SMA Pembangunan Laboratorium UNP mendapat kategori baik dengan persentase antar 76% - 84% yang berarti bahwa kegiatan HOTS telah terlaksana dengan baik berbeda dengan SMA Pertiwi 1 Padang yang mendapatkan kategori tidak baik dan kurang baik dengan persentase 60% - 67% yang berarti kegiatan HOTS belum terlaksana dengan baik. (3) ditinjau dari penilaian pembelajaran (LKPD) SMA Pembangunan Laboratorium UNP 70% dari seluruh merupakan soal HOTS sedangkan di SMA Pertiwi 1 Padang hanya 17 % soal LKPDnya merupakan soal HOTS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyarankan agar guru si SMA Pertiwi 1 Padang lebih mempersiapkan LKPD agar pembelajaran bisa berlangsung dengan baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 03:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 03:10 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27962 |
Actions (login required)
View Item |