Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Tipe The Power Of Two terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS 3 di SMAN 7 Solok Selatan

Fernando, Yondri (2020) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Tipe The Power Of Two terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS 3 di SMAN 7 Solok Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_YONDRI_FERNANDO_17161043_6105_2020.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran aktif tipe the Power of Two maksudnya adalah strategi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui Tipe The Power Of Two terhadap Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS 3 di SMAN 7 Solok Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan SMAN 7 Solok Selatan pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 24 orang. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik analisis data terdiri analisa deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut ( 1) Penggunaan tipe The Power of Two dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 7 Solok Selatan, pada siklus I didapatkan motivasi kategori sedang dengan persentase 49,72%, meningkat menjadi 58,76% pada siklus II dan siklus III termasuk kategori tinggi dengan persentase 69,23% dan (2) Penggunaan tipe The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 3 SMAN 7 Solok Selatan. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa kurang memuaskan yaitu 64,58 dengan persentase ketuntasan 12,5%, siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 71,67 dengan persentase ketuntasan 20,83% %dan pada siklus III menjadi 78,75 dengan persentase ketuntasan 87,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:54
Last Modified: 06 Apr 2021 05:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27961

Actions (login required)

View Item View Item