Komparasi Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Transmigran dan Rumah Tangga Masyarakat Lokal Di Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Nagari Lunang Satu dan Pondok Parian Lunang)

Yusmawardi, Afri (2019) Komparasi Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Transmigran dan Rumah Tangga Masyarakat Lokal Di Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan (Studi Kasus Nagari Lunang Satu dan Pondok Parian Lunang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AFNI_YUSMAWARDI_3297_1305967_2019.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan mendeskripsikan tingkat kesejahteraan transmigran dan masyarakat lokal tentang kemampuan memenuhi pangan, sandang, dan papan di Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Jumlah populalsi dalam penelitian ini adalah 554 KK transmigran dan 215 KK masyarakat lokal. Teknik penarikan sampel secara proporsi random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 56 responden transmigran dan 22 responden masyarakat lokal. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dengan skalal likert dan teknik analisis berupa formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan memenuhi pangan, rumah tangga transmigran adalah sedang dan rumah tangga masyarakat lokal adalah rendah, (2) kemampuan menyediakan sandang, rumah tangga transmigran adalah tinggi dan rumah tangga masyarakat lokal adalah rendah, (3) kemampuan menyediakan papan, rumah tangga transmigran adalah tinggi dan rumah tangga masyarakat lokal adalah sedang. Kesimpulannya tingkat kesejahteraan masyarakat transmigran tergolong sejahtera sedangkan masyarakat lokal belum sejahtera, masih banyak keluarga yang tergolong kurang mampu dan tidak mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:10
Last Modified: 11 Aug 2020 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27960

Actions (login required)

View Item View Item