Dampak Keberadaan Mini Market Franchise Terhadap Usaha Pedagang Kelontong Di Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi (Studi Kasus Kelurahan Talang Banjar, Kelurahan Tanjung Sari Dan Kelurahan Tanjung Pinang)

Ajizah, Vivi Yulanda (2019) Dampak Keberadaan Mini Market Franchise Terhadap Usaha Pedagang Kelontong Di Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi (Studi Kasus Kelurahan Talang Banjar, Kelurahan Tanjung Sari Dan Kelurahan Tanjung Pinang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_VIVI_YULANDA_AJIZAH_1160_14045032_2019.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbandingan pendapatan pedagang kelontong sebelum dan sesudah berdirinya minimarket. 2) untuk mengetahui dampak jarak berdirinya minimarket terhadap pendapatan pedagang kelontong di Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang kelontong di Kecamatan Jambi Timur dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 warung yaitu dari Kelurahan Tanjung Sari, Kelurahan Talang Banjar dan Kelurahan Tanjung Pinang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan uji hipotesis yaitu t-test dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pendapatan pedagang kelontong sebelum adanya minimarket franchise sebesar Rp 7.950.000 per bulan, tetapi setelah adanya minimarket franchise maka rata-rata pendapatan pedagang kelontong turun menjadi Rp 4.240.000 per bulan. Dan nilai t hitung untuk perbandingan pendapatan pedagang kelontong sebelum dan sesudah berdirinya minimarket franchise adalah 6.683 dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0.000, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan atas adanya minimarket franchise terhadap pendapatan pedagang toko kelontong. (2) Berdasarkan uji Anova dapat disimpulkan ada pengaruh jarak berdirinya minimarket Franchise terhadap pendapatan pedagang kelontong dengan sig. sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:04
Last Modified: 11 Aug 2020 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27959

Actions (login required)

View Item View Item