Pengembangan Model Research Based Learning pada Mata Kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik.

Liliana, Liliana (2019) Pengembangan Model Research Based Learning pada Mata Kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_LILIANA_15193017_6032_2019.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan sarana laboratorium dan model pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mahasiswa, minimnya pengalaman praktis yang didapatkan menyebabkan kompetensi yang diharapkan di mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik belum tercapai. Untuk meminimalisisr kekurangan yang selama ini terjadi dalam pembelajaran maka dilakukan pengembangan Model Research Based Learning (RBL) yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian mengadopsi dari Puslitjaknov, dimana tahap Borg & Gall direduksi menjadi lima tahapan, yaitu: 1) melakukan analisis produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Model RBL beserta produk pembelajaran yang terdiri atas buku model, panduan mengajar, dan modul ajar yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif. Hasil pembelajaran dengan model RBL ini telah efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:04
Last Modified: 11 Aug 2020 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27955

Actions (login required)

View Item View Item