Kontribusi Kematangan Emosi dan Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru

Nasution, Helsa (2019) Kontribusi Kematangan Emosi dan Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Diri Santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HELSA_NASUTION_17151025_5826_2019.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan santri dalam menyesuaikan diri di pondok pesantren. Kematangan emosi dan dukungan sosial merupakan faktor yang diduga mempengaruhi penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kematangan emosi, dukungan sosial, dan penyesuaian diri, (2) kontribusi kematangan emosi terhadap penyesuaian diri, (3) kontribusi dukungan sosial terhadap penyesuaian diri, dan (4) kontribusi kematangan emosi dan dukungan sosial secara bersama-sama terhadap penyesuaian diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh santri kelas I Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru yang berjumlah 2.695 orang, sampel berjumlah 349 orang, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, kematangan emosi santri berada pada kategori tingkat tinggi, (2) dukungan sosial juga pada tingkat tinggi, (3) penyesuaian diri santri dikategorikan baik, (4) ada 44,3 % kontribusi kematangan emosi terhadap penyesuaian diri, (5) ada 25,9 % kontribusi dukungan sosial terhadap penyesuaian diri santri, dan (6) ada 48,3 % kontribusi bersama kematangan emosi dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri santri. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 10 Aug 2020 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item