Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai (Studi Eksperimen pada Atlet ATC Ambacang Takraw Club Kota Pariaman)

Sastra, Ikhsandy (2020) Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Peningkatan Daya Ledak Otot Tungkai (Studi Eksperimen pada Atlet ATC Ambacang Takraw Club Kota Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_IKHSANDY_SASTRA_14087194_1533_2020.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu daya ledak otot tungkai yang dimiliki pemain sepaktakraw masih terbilang rendah. Variabel dalam penelitian ini latihan plyometric terhadap daya ledak otot tungkai. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk melihat pengaruh dari latihan plyometric terhadap daya ledak otot tungkai atlet ATC Ambacang Takraw. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (eksperimen semu) yang bertujuan untuk melihat pengaruh perlakuan terhadap variabel. Adapun perlakuan dalam penelitian ini adalah latihan plyometric. Populasi dalam penelitian ini berjumlah11 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 11 orang atlet ATC Ambacang Takraw. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t (uji beda mean) dengan taraf siginifikan α = 0,05 Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pre test diperoleh 81 Kg-m/sec dan skor rata-rata setelah post test 103, berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung = 5,37 > ttabel = 2,23, dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihan plyometric terhadap daya ledak otot tungkai atlet ATC Ambacang Takraw Club. Artinya salah satu metode latihan yaitu plyometric dapat digunakan untuk memberikan pengaruh pada daya ledak otot tungkai atlet sepaktakraw klub Semen Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 10 Aug 2020 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item View Item