Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif

Marlina, Marlina and Efrina, Elsa and Kusumastuti, Grahita (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Technical Report. PLB FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
2019 Laporan Akhir DRPM Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif-marlina.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan tahun I dari tiga tahun yang direncanakan. Penelitian tahun I bertujuan untuk mengkaji deskripsi kebutuhan profil model pembelajaran berdiferensiasi untuk peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Tahun I menghasilkan produk berupa draf modifikasi perangkat pembelajaran, dan draf panduan penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini telah membuka harapan baru bagi kemajuan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusif. Selama ini, guru-guru di sekolah inklusif cenderung memperlakukan ABK secara tidak adil dan proporsional. Mereka dibelajarkan dengan cara yang sama dengan siswa regular. Akibatnya, banyak ditemukan ABK yang berada di sekolah inklusif mendapat perlakuan diskriminatif sehingga mereka menjauh dari sekolah bahkan dropout. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah belum adanya diterapkan model pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan belajar peserta didik. Inilah yang disebut dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:01
Last Modified: 07 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

View Item View Item