lmplementasi Lesson Study Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik

Wati, Desri (2020) lmplementasi Lesson Study Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DESRI_WATI_18176003_1561_2020.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau tantangan abad 21. Era revolusi 4.0 ini membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya mengandalkan kemampuan teknis saja melainkan hams menguasai kemampuan sains, teknologi, memecahkan masalah serta mampu berpikir kritis. Cara yang dapat ditempuh untuk menghadapi tantangan abad 21 salah satunya melalui mutu pendidikan. Mutu pendidikan bisa dikembangkan melalui reformasi pendidikan yaitu dengan menggunakan pendekatan berbasis STEM yang dapat dilakukan melalui kegiatan lesson study. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pelaksanaan kegiatan lesson study pada pembelajaran berbasis STEM terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan bepikir kritis peserta didik. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif dan mix method. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik dan satu orang guru kimia yang berasal dari Sekolah Menengah Atas di Kota Padang. Pelaksanaan lesson study dilakukan pada materi kesetimbangan kimia yang terdiri dari empat pertemuan dengan tahap plan, do dan see. Pada masing-masing tahap telah dilakukan perbaikan dan peningkatan dalam proses pembelajaran. Data penelitian diambil menggunakan instrumen lembar observasi, lembar keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan lesson study pada guru kimia SMA N 5 Padang tahun pelajaran 2019/2020 sangat efektif dengan rata-rata skor 87. 2) Pelaksanaan kegiatan lesson study pada pembelajaran berbasis STEM secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 3) Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 5 Padang diperoleh nilai rata-rata 88,7 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:35
Last Modified: 05 Apr 2021 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item