Dampak Penambang Emas Tanpa Izin (Peti) Sekitar Sungai Batang Hari Terhadap Lingkungan Hidup Di Jorong Gasing Nagari Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Propinsi Sumatera Barat

Desrizal, Desrizal (2019) Dampak Penambang Emas Tanpa Izin (Peti) Sekitar Sungai Batang Hari Terhadap Lingkungan Hidup Di Jorong Gasing Nagari Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Propinsi Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DESRIZAL_1304336_4877_2019.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari Kondisi air sungai Batang Hari saat ini sangat memprihatinkan dimana tingkat kekeruhan yang sangat tinggi yang melebihi ambang batas yang diakibatkan penambangan dengan mengunakan mesin dompeng, kapal lantiang, alat berat excavator dan kapal keruk. Beragam cara penambangan ini tentunya memberikan dampak yang beragam pula pada lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui tingkat pencemaran sungai Batang Hari, terjadinya alih fungsi lahan/kerusakan dan perubahan kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat di lingkungan di sekitar aliran Sungai Batang Hari. Metodologi yang digunakan ialah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud mendeskripsikan fenomena yang terjadi berdasarkan hasil ekplorasi. Penelitian yang dilakukan berusaha menelaah secara cermat, sistematis terhadap fenomena empiris aktual mengenai permasalahan yang diangkat. Temuan penelitian ialah (1) terjadi penurunanan kualitas air sungai Batang Hari Hari khususnya parameter TSS. Melebihinya baku mutu parameter TSS, hal ini diindikasi dan ada korelasinya akibat rusaknya sempadan sungai Batang Hari yang salah satunya disebabkan akitifitas penambangan, (2) terjadi perubahan tutupan lahan di sempadan sungai berupa lahan terbuka dan semak belukar serta pelebaran badan sungai yang diakibatkan oleh kegiatan penambangan (3) kondisi sosial budaya masyarakat dilihat dari pengetahuan dan sikap bahwa dengan pengatahuan saat ini telah mengalami perubahan khususnya terhadap kegiatan penambangan dimana pola penambangan yang dilakukan oleh nenek moyang terdahulu seperti adanya pengatur oleh nenek moyong terkait waktu dan cara penambangan, namun kini dilakukan tanpa ada pola dan mengunakan alat berat. (5) terjadi peningkatkan penghasilan ekonomi pekerja dan pemodal yang bersumber dari aktifitas penambangan Kesimpulan penelitian yaitu telah terjadi pencemaran air dan kerusakan serta alih fungsi di sempadan sungai Batanghari, berubahnya kondisi social masyarakat dan meningkatkan perkonomian masyrakat yang salah satunya disebabkan oleh aktifitas penambangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:20
Last Modified: 07 Aug 2020 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27913

Actions (login required)

View Item View Item