Kontribusi Citra Diri dan Motif Sosial terhadap Komunikasi Interpersonal Antarsiswa di Sekolah.

Khairani, Annisa (2019) Kontribusi Citra Diri dan Motif Sosial terhadap Komunikasi Interpersonal Antarsiswa di Sekolah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ANNISA_KHAIRANI_17151010_5886_2019.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Generasi milenial merupakan generasi yang kurang terlatih dalam berkomunikasi interpersonal secara langsung dan kurang peduli dengan lingkungan. Terdapat siswa yang menggunakan bahasa dan kata-kata yang kurang baik, tidak percaya diri dan terbuka dalam berkomunikasi interpersonal. Kemampuan komunikasi interpersonal yang baik dibutuhkan agar kualitas hubungan yang dijalin dengan siswa lainnya menjadi lebih baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam berkomunikasi interpersonal, di antaranya yaitu citra diri dan motif sosial. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan citra diri, motif sosial, dan komunikasi interpersonal siswa, serta (2) menguji kontribusi citra diri dan motif sosial terhadap komunikasi interpersonal siswa, serta citra diri dan motif sosial secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Banuhampu sebanyak 812 siswa, dengan sampel 282 siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan mengunakan model skala Likert, yaitu tentang citra diri, motif sosial, dan komunikasi interpersonal. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, kemudian menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linear ganda. Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa secara umum; 1) citra diri siswa berada pada kategori positif, motif sosial siswa berada pada kategori tinggi, komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori baik, dan 2) terdapat kontribusi citra diri terhadap komunikasi interpersonal siswa sebesar 37,7% (r= 0.614), motif sosial terhadap komunikasi interpersonal sebesar 41,3% (r=0,643), serta citra diri dan motif sosial secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal sebesar 43,7% (R=0,661) dengan signifikansi 0.000. Penelitian ini berimplikasi sebagai dasar bagi guru BK/ Konselor untuk membantu siswa agar memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:20
Last Modified: 07 Aug 2020 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27911

Actions (login required)

View Item View Item