Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing dan Think Pair Share pada Terna 9 Kelas IV SDN Gugus II Sungai Geringging

Yoserizal, Yoserizal (2020) Perbedaan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing dan Think Pair Share pada Terna 9 Kelas IV SDN Gugus II Sungai Geringging. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YOSERIZAL_ 18124086_79_2020.pdf

Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 7 di Sekolah Dasar dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional digunakan. Tujuan penelitian ini untuk: 1) membuktikan perbedaan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe snowball throwing dan menggunakan model pembelajaran think pair share; 2) membuktikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe snowball throwing dan menggunakan model pembelajaran think pair share. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain the static group comparison design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Sungai Geringging. Sampel penelitian siswa kelas IV SDN 03 Sungai Geringging dan siswa kelas IV SDN 23 Sungai Geringging. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan uji chi­ kuadrad dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antar aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan model snowball throwing dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan menggunakan model think pair share, dengan nilai chihitung (1,094) <chi­e« ( 11,07) dengan taraf signifikan 5 % . Sehingga ho diterima. 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model snowball throwing dengan yang diajarkan menggunakan model think pair share. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung (2,13) > ttabel (2,0189) dengan taraf signifikan 5% sehingga In diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, 1) tidak terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model snowball throwing dengan model think pair share.2) terdapat perbedaan hasil be lajar siswa dengan menggunakan model snowball throwing dengan model think pair share.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:11
Last Modified: 05 Apr 2021 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27908

Actions (login required)

View Item View Item