Pengaruh Dayatahan Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan, dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Smash padaAtlet Bolavoli Putera Universitas Negeri Padang

Markogama, Desem (2020) Pengaruh Dayatahan Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan, dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Smash padaAtlet Bolavoli Putera Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DESEM_MARKOGAMA_18199008_1041_2020.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan smash pada atlet bolavoli putera Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi asosiatif kausal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung, tidak langsung dan simultan dayatahan otot lengan, koordinasi mata-tangan, percaya diri terhadap kemampuan smash bolavoli. Populasi penelitian atlet bolavoli putera Universitas Negeri Padang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, yang berjumlah 30 atlet. Data dikumpulkan mengunakan tes untuk mengukur dayatahan otot lengan, koordinasi mata-tangan, kemampuan smash bolavoli, dan kuisioner berskala Likert untuk mengukur percaya diri. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; ( 1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan dayatahan otot lengan terhadap kemampuan smash bolavoli dengan nilai 10,76%.(2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan smash bolavoli dengan nilai 6,60%. (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan percaya diri terhadap kemampuan smash bolavoli dengan nilai 7,34%. (4) terdapat pengaruh tidak langsung dayatahan otot lengan terhadap kemampuan smash bolavoli melalui percaya diri dengan nilai 13,91%. (5) terdapat pengaruh tidak langsung koordinasi mata- tangan terhadap kemampuan smash bolavoli melalui percaya diri dengan nilai 23,33%.(6) terdapat pengaruh simultan yang signifikan antara dayatahan otot lengan, koordinasi mata-tangan dan percaya diri secara stimulan terhadap kemampuan smash bolavoli dengan nilai 24,70%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:35
Last Modified: 05 Apr 2021 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27906

Actions (login required)

View Item View Item