Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok untuk Mengurangi Mathematic Anxiety".

Sonia, Rahmita (2020) Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Setting Kelompok untuk Mengurangi Mathematic Anxiety". Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHMITA_SONIA_17151040_1555_2020.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Mathematic anxiety salah satu gangguan belajar dialami siswa pada satu objek yang kurang dipahami dan kurang dimengerti sehingga mengakibatkan respon negatif terhadap pembelajaran matematika. Hal ini sangat dirasakan siswa pada proses pembelajaran matematika berlangsung, seperti kurang mampu menghafal rumus matematika dengan benar, kurang mampu percaya diri akan jawaban sendiri,kurang mampu menyelesaikan soal matematika sehingga membutuhkan bantuan siswa lain yang pandai di bidang hitungan dan sebagian siswa melabeli diri tidak bisa hitungan. Salah satu upaya dapat dilakukan untuk mengurangi mathematic anxiety yang dialami siswa adalah (CBT) setting kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain metode pre eksperimen one group melalui rancangan the equivalent time samples design. Subjek dalam penelitian yakni 10 siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang teridentifikasi melalui sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah yang diambil daari hasil pengolahan pre-test. Instrumen penelitian menggunakan skala mathematic anxiety yang memenuhi persyaratan validasi dan reliabilitas instrumen. Selanjutnya data dianalisis menggunakan wilcoxon signed rank test dan kolmogorov sminov dengan bantuan SPSS versi 20,00.Temuan penelitian memperlihatkan secara umum CBT setting kelompok efektif untuk menurunkan tingkat mathematic anxiety siswa. Secara khusus ( 1) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara mathematic anxiety siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti CBT setting kelompok, (2) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara mathematic anxiety siswa sesudah mengikuti CBT setting kelompok pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (3) terdapat perbedaan skor yang signifikan antara mathematic anxiety siswa kelompok eksperimen yang mengikuti CBT setting kelompok dengan kelompok kontrol yang mengikuti bimbingan kelompok tanpa menggunakan CBT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:57
Last Modified: 26 Mar 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27904

Actions (login required)

View Item View Item