PEMENUHAN HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELUARGA DAN MASYARAKAT MINANGKABAU (Studi Kasus Kenagarian Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat)

Ratu, Senja Sri (2020) PEMENUHAN HAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELUARGA DAN MASYARAKAT MINANGKABAU (Studi Kasus Kenagarian Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SENJA_SRI_RATU_17230012_601_2020.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus pada keluarga dan masyarakat Minangkabau terkait dengan perlakuan keluarga dan masyarakat Nagari Paninjauan dalam pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus dalam keluarga dan masyarakat di Kenagarian Paninjauan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam (In-depth interview) dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus dalam keluarga dapat dilihat dari pemenuhanpertama,hak kasih sayang orang tua dapat menerima dan senantiasa memenuhi kebutuhan pokok anak berkebutuhan khusus. Kedua, hak pendidikan tergantung altematif dan lokasi sekolah. Ketiga, hak perlindungan disini keluarga terlihat memberikan batasan sosialisasikepada anak berkebutuhan khusus dengan masyarakat karena takut anak berkebutuhan khusus saat diluar rumah di olok-olok masyarakat. Sedangkan pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus dalam masyarakat Minangkabau di Nagari Paninjauan masih terlihat suka mengolok-olokkan keberadaan anak berkebutuhan khusus. Secara pemenuhan hak dari keluarga sudah dapat di terima dengan baik, tetapi berbeda pemenuhan hak dari masyarakat Minangkabau masih terlihat kurang penerimaan hal ini terbukti masih banyak masyarakat yang suka mengolok-olok keberadaan mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:34
Last Modified: 05 Apr 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27900

Actions (login required)

View Item View Item