Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigasi Berbantuan Facebook Untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi

Sumanti, Sumanti (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigasi Berbantuan Facebook Untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_4_SUMANTI_15169030_396_2020.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian awal yang dilakukan menemukan banyak persoalan dalam pembelajaran Geografi, Kemampuan berfikir kritis siswa belum berkembang sepenuhnya. aktivitas siswa belum terlihat meningkat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sumber belajar belum cukup tersedia dan model yang diterapkan dalam pembelajaran belum memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dikembangkan model pembelajaran group investigasi online dengan menggunakan facebook, beserta produk pendukungnya berupa buku guru dan buku siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat proses pengembangan model Group investigasi online dengan menggunakan Facebook dan memperoleh model pembelajaran investigasi online yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D ). Model pengembangan yang digunakan oleh Model Chandra (2014) yang terdiri dari tahap penelitian awal/pendahuluan, tahap rancangan produk, tahap penilaian/evaluasi produk dan tahap refleksi dan dokumentasi. Pada tahap perancangan produk untuk meyelidiki validitas dan praktikalitas dilakukan formatif evaluation yang meliputi self evaluation,dan one-to-one. Pada tahap penilain dilakukan summatif evaluation yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk. Data penelitian dikumpulkan melalui diskusi, observasi, wawancara, angket, dan tes basil belajar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku model,buku guru dan buku siswa dinyatakan valid karena nilainya > 3 ,20 sedangkan nilai ice buku model 0,887,ice buku siswa,0,969 dan ice buku guru 0,958 artinya model dan sistem pendukungnya menurut ahli layak digunakan. Hasil kepraktisan diperoleh sangat praktis yakni mudah digunakan sangat membantu proses pembelajaran, penggunaan waktu yang memadai dan menyenangkan.Sedangkan basil uji efektifitas diperoleh berkembangnya dengan baik kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran geografi .Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigasi online dengan menggunakanfacebook pada mata pelajaran geografi dinyatakan valid,praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:34
Last Modified: 05 Apr 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27898

Actions (login required)

View Item View Item