Kontribusi identitas seksual terhadap persepsi mahasiswa tentang LGBT serta implikasinya terhadap program bimbingan dan konseling

Delfita, Wiwi (2020) Kontribusi identitas seksual terhadap persepsi mahasiswa tentang LGBT serta implikasinya terhadap program bimbingan dan konseling. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ WIWI_DELFITA_17151049_5463_2020.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Persepsi individu saat sudah banyak yang menerima LGBT di lingkungannya, padahal LGBT merupakan penyimpangan seksual yang tidak sesuai dengan nilai dan norma. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi individu terhadap LGBT. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terkait; 1) gambaran identitas seksual dan persepsi mahasiswa tentang LGBT dan 2) menguji kontribusi identitas seksual terhadap persepsi mahasiswa tentang LGBT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populai penelitian ini adalah mahasiswa S 1 Universitas Negeri Padang tahun masuk 2017 dan 2018 yang berjumlah 15.752 mahasiswa dengan sampel sebanyak 385 mahasiswa. Penarikan sampel menggunakan rumus Taro Yamane dan dilanjutkan dengan teknik Multistage Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala identitas seksual model Guttman dan skala persepsi tentang LGBT model Likert.Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa; 1) secara rata-rata gambaran identitas seksual mahasiswa berada pada kategori heteroseksual dan persepsi mahasiswa tentang LGBT berada pada kategori sangat negatif dan 2) terdapat kontribusi identitas seksual terhadap persepsi mahasiswa tentang LGBT sebesar 39,4% (r= 0.627, signifikansi 0.000). Basil penelitian ini berimplikasi terhadap program bimbingan dan konseling dikaitkan pada bidang pelayanan bimbingan dan konseling, sehingga mahasiswa dapat terhindar dari ketidaksesuaian identitas seksual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:17
Last Modified: 30 Mar 2021 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27891

Actions (login required)

View Item View Item