Pengaruh Iklim Etis terhadap Deviant Behaviors dengan Komitmen Organisasional sebagai variabel mediasi pada karyawan kontrak PT. Telkom Akses Sumatera Barat

Akbar, Irsal (2019) Pengaruh Iklim Etis terhadap Deviant Behaviors dengan Komitmen Organisasional sebagai variabel mediasi pada karyawan kontrak PT. Telkom Akses Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_IRSAL_AKBAR_5440_15059028_2019.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh iklim etis berpengaruh terhadap deviant behaviors pada karyawan PT. Telkom Akses Sumatera Barat. (2) Pengaruh iklim etis berpengaruh terhadap komitmen organisasional pada karyawan PT. Telkom Akses Sumatera Barat. (3) Pengaruh komitmen organisasional berpengaruh terhadap deviant behaviors pada karyawan PT. Telkom Akses Sumatera Barat. (4) Pengaruh iklim etis terhadap deviant behaviors yang dimediasi oleh komitmen organisasional pada karyawan PT. Telkom Akses Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan kontrak PT. Telkom Akses Sumatera Barat, berjumlah 225 karyawan. Dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik proportional clustered simple random sampling artinya sampel dipilih pada setiap kelas atau kelompok sesuai dengan proporsinya. Data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini dianalisis dengan analisis persamaan struktural berbasis varian (SEM) menggunakan programSmartPLS3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Iklim etis memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap deviant behaviors pada PT. Telkom Akses Sumatera Barat. (2) Iklim etis memiliki pengaruh positif dan signiikan terhadap komitmen organisasional pada PT. Telkom Akses Sumatera Barat. (3) Komitmen organisasional memiliki pengaruh negatif terhadap deviant behaviors pada PT. Telkom Akses Sumatera Barat. (4) Komitmen organisasional tidak dapat memediasi pengaruh hubungan iklim etis terhadap deviant behaviors pada PT. Telkom Akses Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:30
Last Modified: 04 Aug 2020 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27881

Actions (login required)

View Item View Item