Pengaruh Kompetensi, Komitmen Oragnisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci

Awal, Anuril (2020) Pengaruh Kompetensi, Komitmen Oragnisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ANURIL_AWAL_1708021_5011_2020.pdf

Download (800kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah berhubungan dengan kompetensi aparatur pemerintah desa yang masih belum memadainya pengelolaan keuangan desa, bersumber dari minimnya pengetahuan perangkat desa dalam tata kelola dan pelaporan keuangan sehingga berpotensi terjadi penyelewengan/korupsi, dan adanya keterlambatan dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban APBDes TA yang disampaikan kepala desa tidak tepat waktu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja aparatur Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan Desa di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif menggunakan persamaan struktural dan model analisis path. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh aparatur pemerintah desa yang ada di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci yang berjumlah 225 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 145 orang aparatur pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa berdasarkan Rumus Slovin dengan kadar toleransi 5 %. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil Penelitian ini menunjukkan baik kompetensi dan kepuasan kerja secara langsung mempengaruhi kinerja aparatur pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa dengan nilai signifikansi lebih kecil dari a =0,05 yaitu sebesar 0,000. sedangkan komitmen organisasi tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja aparatur pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa dengan nilai signifikansi lebih besar dari a=0,05 yaitu sebesar 0,314. Dan Tidak terdapat pengaruh kompetensi terhadapkinerj a aparatur pemerintah desa melalui kepuasan kerj a secara signifikan, dengan nilai Thitung lebih kecil dari Ttabel (0,045<1,976) dari a =0,05, sedangkan Terdapat pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja aparatur pemerintah desa melalui kepuasan kerja secara signifikan, dengan nilai Thitung Lebih besar Ttabel (3,592>1,976) dari a =0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:34
Last Modified: 05 Apr 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27875

Actions (login required)

View Item View Item