Pendidikan Karakter dalam Kebudayaan Silek Tuo Aluang Bunian di Kanagarian Talang Babungo Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Ekadiani, Nofembrid (2019) Pendidikan Karakter dalam Kebudayaan Silek Tuo Aluang Bunian di Kanagarian Talang Babungo Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NOFEMBRID_EKADIANI_17161058_2840_2019.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Solok termasuk dalam daerah yang memiliki tradisi silek pada kehidupan masyarakatnya. Terdapat beberapa daerah di Kabupaten Solok yang memiliki tradisi silek. Salah satunya terdapat di nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti yang bernama Silek Tuo Aluang Bunian. Silek tuo aluang bunian merupakan salah satu tradisi yang terdapat dalam kebudayaan masyarakat Solok dan masih ada sampai saat ini dan merupakan seni bela diri yang umum terdapat di daerah Minangkabau yang biasanya dipelajari oleh anak-anak dan remaja. Dalam proses kegiatan tersebut terdapat nilai-nilai dalam pembentukan karakter generasi muda. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami dan menjelaskan pendidikan karakter yang terdapat dalam silek tuo aluang bunian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pola yang digunakan dalam analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, keabsahan data menggunakan triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasiil penelitian menunjukkan bahwa silek tuo aluangbunian dilaksanakan melalui beberapa tahapan, seperti berdoa kepada Allah SWT sebagai pembuka dari kegiatan silek tuo aluangbunian yang dipimpin oleh pelatih atau guru serta melakukan gerakan salam silek tuo aluangbunian. Melakukan materi silek tentang malangkah. Melakukan materi silek kombinasi antara malangkah dan balabeh. Menerima materi materi silek berupa gelek. Menerima materi silek berupa maninju dan mailak. Penutupan dengan membaca doa bersama. Nilai dari pendidikan karakter terdapat dalam setiap proses kegiatan silek tuo aluang bunian, mulai dari pembukaan, pelaksanaan kegiatan dan penutup dari proses kegiatan silek tuo aluang bunianmelalui kearifan lokal yang terkandung. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan silek tuo aluangbunian diantaranya adalah nilai religius, disiplin, percaya diri, kerja keras, mandiri dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:29
Last Modified: 04 Aug 2020 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27873

Actions (login required)

View Item View Item