Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berorientasi Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi Untuk Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang

Lubis, Nurwahidah (2019) Pengembangan Penuntun Praktikum Mikrobiologi Berorientasi Inkuiri Bebas Yang Dimodifikasi Untuk Mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURWAHIDAH_LUBIS_15177064_2816_2019.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Biologi sebagai salah satu cabang sains yang mengutamakan proses dari pada produk.Proses yang dimaksud adalah proses melalui kerja ilmiah, yaitu merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan dan menarik kesimpulan serta menemukan konsep-konsep dari pembelajaran. Agar proses dan hasil pembelajaran dapat terwujud, salah satunya adalah melalui kegiatan praktikum menggunakan penuntun praktikum berorientasi inkuiri bebas yang dimodifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum mikrobiologi berorientasi inkuiri bebas yang dimodifikasi untuk mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penuntun praktikum dikembangkan dengan menggunakan model IDI terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap pengembangan (develop), dan tahap penilaian (evaluate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis penuntun praktikum. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan penuntun praktikum berorientasi inkuiri bebas yang dimodifikasi. Pada tahap penilaian dilakukan uji coba terhadap mahasiswa angkatan 2015 Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas penuntun praktikum berorientasi inkuiri bebas yang dimodifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket praktikalitas untuk dosen, pembimbing praktikum dan mahasiswa serta lembar pengamatan afektif, psikomotor dan tes untuk aspek kognitif mahasiswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum Mikrobiologi berorientasi inkuiri bebas yang dimodifikasi dengan nilai 3,29 kategori valid, praktikalitas oleh dosen dan pembimbing praktikum dengan nilai 3,53 kategori sangat praktis, mahasiswa dengan nilai 3,59 kriteria sangat praktis. Uji efektifitas ranah afektif dengan nilai 93,07 kriteria sangat baik, ranah psikomotor 94,03 dengan kriteria baik, dan ranah kognitif dengan nilai 80,5 kriteria lulus. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan penuntun praktikum Mikrobiologi berorientasi inkuiri bebas yang dimodifikasi untuk mahasiswa Biologi Universitas Negeri Padang dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Aug 2020 03:45
Last Modified: 04 Aug 2020 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27865

Actions (login required)

View Item View Item