Penggunaan Strategi Group Resume untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas

Sunata, Yalhendra (2020) Penggunaan Strategi Group Resume untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YALHENDRA_SUNATA_16124124_1505-2020.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa dengan Strategi Group Resume pada siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok. Hasil belajar yang rendah menjadi salah satu alasan dilaksanakannya penelitian ini. Terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa diantaranya: Dari 18 siswa hanya 4 siswa yang bertanya sesuai indikator keterampilan bertanya dengan persentase 22% (kualikasi kurang). Hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru. Ketika diskusi siswa kurang aktif, sehingga menuntut guru untuk mengeaktifan siswa pada pada pembelajaran. Untuk itu peneliti menggunakan Strategi Group Resume dalam meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok dengan jumlah 18 siswa dengan rincian 13 siswa putra dan 5 siswa putri. Untuk memperoleh data penelitian digunakan tiga instumen, yaitu lembar pengamatan, catatan lapangan, dan lembaran tes yang dianalisis secara kualitatif dan kuatitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi group resume dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok. Pada siklus I keterampilan bertanya siswa nilai rata-rata 30 (kualifikasi kurang). Meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84 kualifikasi sangat baik (SB). Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai rata-rata 33 kualifikasi kurang (K). Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 83 kualifikasi baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Group Resume dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 14 Ganting Dodok Sulit Air Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:11
Last Modified: 05 Apr 2021 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item View Item