Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pecahan berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Fernandes, Mimik (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pecahan berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MIMIK_FERNANDES_18124030_1198_2020.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian pendahuluan menyatakan materi pecahan merupakan materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Hal ini disebabkan pada saat pembelajaran pendidik belum mengembangkan perangkat pembelajaran pecahan. Perangkat pembelajaran pecahan yang digunakan di kelas hanya fokus pada RPP, sementara RPP belum optimal karena belum diiringi dengan LKPD yang mampu membimbing peserta didik menemukan konsep pecahan. Oleh sebab itu, dirancanglah perangkat pembelajaran pecahan berbasis model penemuan terbimbing yang diimplementasikan pada RPP dan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N egeri 11, 16, dan 17 Enam Lingkung. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP, LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran pecahan berbasis model penemuan terbimbing melalui RPP dan LKPD sudah valid, praktis dan efektif. Dikatakan valid karena memenuhi karakteristik kevalidan baik segi isi maupun konstruk. Dikatakan praktis karena produk ini mudah digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efesien, sangat menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran pecahan. Selanjutnya dikatakan efektif karena penggunaan perangkat pembelajaran ini memberikan dampak potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:34
Last Modified: 05 Apr 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27846

Actions (login required)

View Item View Item