Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MA

Al Husaini, Al Husaini (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AL_HUSAINI_17205004_3003_2019.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Kurang aktif dan rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan guru. Kurangnya variasi kegiatan pembelajaran mebuat peserta didik semakin kurang termotivasi dalam belajar. Diantara variasi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaakan perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu dirangcang sebuah penelitian yang melibatkan pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan adalah pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif berupa Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Blended Learning. Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis blended learning yang valid, Praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi sendiri, tinjauan ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil dan uji lapangan. Pada fase penilaian dilaksanakan ujicoba pada peserta didik kelas X Keagamaan MA KMM Kauman Padangpanjang untuk melihat hasil belajar pada ranah kognitif setelah belajar menggunakan perangkat pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk dengan nilai kevalidan RPP 97,7 dan LKPD 97,2 Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dilihat dari hasil tes akhir yang dilakukan diperoleh nilai 83. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika model kooperatif berbasis blended learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MA dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:38
Last Modified: 03 Aug 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27837

Actions (login required)

View Item View Item