Pengembangan LKPD IPA Terpadu berbasis Research Based Learning Terintegrasi Nilai Religi.

Ranti, Shofia (2019) Pengembangan LKPD IPA Terpadu berbasis Research Based Learning Terintegrasi Nilai Religi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SHOFIA_RANTI_16175030_2226_2019.pdf

Download (897kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA disajikan secara terpadu dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Hal ini ditujukan agar pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pada kenyataannya, belum tersedianya LKPD yang menanamkan nilai religi pada peserta didik dan tuntutan kurikulum 2013. Secara struktural, LKPD yang digunakan disekolah belum dilengkapi dengan petunjuk belajar dan informasi pendukung. Kompetensi pembelajaran yang hendak dicapai hanya terfokus pada aspek pengetahuan. Metode mengajar yang digunakan guru adalah ceramah dan resume sehingga peserta didik hanya menerima materi serta belum mampu memecahkan masalah yang diberikan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan LKPD IPA terpadu berbasis research based learning terintegrasi nilai religi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD IPA terpadu berbasis research based learning terintegrasi nilai religi yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), uji coba (Implementation) dan evaluasi (Evaluate). Pada tahap analysis dilakukan analisis awal akhir, analisis karakteristik peserta didik, analisis tugas dan analisis materi. Tahap design dilakukan perancangan terhadap LKPD. Tahap development dilakukan uji validasi, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Tahap implementation dilakukan uji coba dan uji efektivitas menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif persentase untuk analisis awal akhir dan praktikalitas, serta analisis validitas menggunakan rumus Aiken’s V. Uji efektivitas menggunakan uji Hipotesis, dimana syarat untuk melakukan uji Hipotesis adalah data harus berdistribusi normal (menggunakan uji Normalitas) dan homogen (menggunakan uji Homogenitas). Hasil penelitian dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi diperoleh produk berupa LKPD IPA terpadu berbasis research based learning terintegrasi nilai religi yang memenuhi kriteria valid dengan rata-rata 0,82, praktis (pendidik 91% dan peserta didik 89%). Selain itu, LKPD yang dikembangkan juga memenuhi kriteria efektif, dimana LKPD IPA terpadu berbasis research based learning terintegrasi nilai religi dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Hal ini didukung dengan data sampel yang terdistribusi normal dan homogen. Sehingga secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan layak diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:21
Last Modified: 03 Aug 2020 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item View Item