Pengaruh Kelincahan, Kecepatan Dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 1 Sungai Penuh

Anggara, Tommy (2019) Pengaruh Kelincahan, Kecepatan Dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Dribbling Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 1 Sungai Penuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_TOMMY_ANGGARA_17199090_4878_2019.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Sepakbola adalah permainan yang menantang secara fisik dan mental. Kita harus melakukan gerakan-gerakan yang terampil di bawah kondisi permainan yang waktunya terbatas, fisik dan mental yang lelah dan sambil menghadapi lawan. Kita harus mampu berlari beberapa kilometer dalam satu pertandingan, bahkan hamper menyamai kecepatan sprinter dan menanggapi berbagai perubahan situasi permainan dengan cepat. Dan kita harus memahami taktik permainan secarai ndividu, kelompok dan beregu. Kemampuan untuk memenuhi semua tantangan ini menentukan penampilan di lapangan sepakbola Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan path analisis, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kemampuan dribbling sepakbola, populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Sungai Penuh dengan jumlah 25 orang, teknik pengambilan sampel mengunakan teknik Random Sampling dimana populasi dijadikan sampel berjumlah 25 orang siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Sungai Penuh. Data dikumpulkan dengan mengunakan kuesioner untuk mengukur percaya diri, tes lari bolak balik untuk kelincahan, tes lari 30 meter untuk kecepatan, dan dribbling test untuk mengukur kemampuan dribling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien jalur signifikandan linier, dimana besarnya pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung adalah sebagai berikut :1). Terdapat pengaruh langsung kelincahan terhadap kemampuan dribbling sebesar 13,61%. 2). Terdapat Pengaruh langsung kecepatan terhadap kemampuan dribling adalah sebesar 11,15%. 3). Terdapat Pengaruh langsung percaya diri terhadap kemampuan dribbling adalah sebesar 14,66 %. 4). Terdapat kelincahan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kemampuan dribbling melalui percaya diri sebesar 25,60 %.5).Terdapat pengaruh tidak langsung kecepatan terhadap kemampuan dribbling melalui percaya diri sebesar 21,62 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:21
Last Modified: 03 Aug 2020 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27828

Actions (login required)

View Item View Item