Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Rahuma, Aulia (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_AULIA_RAHUMA_17161048_330_2019.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pelajaran; (2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada pelajaran IPS; (3) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada pelajaran IPS; (4) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain faktorial 2X2. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapat perlakuan, dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples, kelas kontrol sebagai pembanding untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model konvensional. Jumlah sampel sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data motivasi belajar dengan menyebarkan angket, sedangkan hasil belajar diberikan tes berbentuk pilihan ganda diberikan pada akhir pembelajaran. teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis data dan hipotesis dengan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian mengemukakan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara sisswa yang diajarkan dengan model Examples Non Examples dengan siswa yang diajarkan dengan model konvensional, (2) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diberi perlakuan dengan model Examples Non Examples hasil belajar IPS lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan dengan model konvensional, (3) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah hasil belajar IPS lebih tinggi diberi perlakuan dengan menggunakan model Examples Non Examples daripada dengan model konvensional, (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dan model pembelejaran konvensional dengan motivasi belajar (tinggi-rendah) terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada guru agar dapat menjaga dan meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:21
Last Modified: 03 Aug 2020 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27827

Actions (login required)

View Item View Item