Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri Kota Pariaman

Susanti, Afrina (2020) Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AFRINA_SUSANTI_15147003_755_2020.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pengamatan peneliti yang menunjukkan rendahnya kompetensi profesional guru.Ini terlihat masih ada sebagian guru yang tidak kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran, tidak peka terhadap perkembangan iptek serta kesulitan dalam membuat penelitian tindakan kelas sehingga berdampak negatif terhadap tujuan pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)kontribusi supervisi kepala terhadap kompetensi profesional guru,(2)kontribusi motivasi erprestasi terhadap kompetensi profesional guru, serta kontribusi supervisi kepala sekolah,(3) motivasi berprestasi terhadap kompetensi profesional guru SMP Negeri Kota Pariaman. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Supervisi kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru, (2) motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru dan (3)supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan populasi 326 guru SMP Negeri Kota Pariaman. Sampel penelitian berjumlah 85 guru yang diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan mempertimbangkan strata pendidikan dan masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) supervisi kepala sekolah berkontribusi signifikan terhadap kompetensi profesional guru sebesar 55,5%,(2) motivasi berprestasi berkontribusi signifikan terhadap kompetensi profesional guru sebesar 54%, (3) supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 80,1%. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa supervisi kepala sekolah,motivasi berprestasi serta kompetensi profesional guru berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian ini di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:17
Last Modified: 30 Mar 2021 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27810

Actions (login required)

View Item View Item