Pengembangan E-Modul Fisika SMA Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning

Agustia, Prima Suci (2020) Pengembangan E-Modul Fisika SMA Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FRIMA_SUCI_AGUSTIA_17175014_3_2020.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran diharapkan menggunakan sumber belajar yang bervariasi, dapat meningkatkan kemandirian dan keaktifan peserta didik serta berdasarkan potensi daerah agar peserta didik memiliki kemampuan untuk mengenal dan memahami karakteristik daerah. Kenyataan yang ditemukan dilapangan menunjukkan bahwa guru belum menggunakan model pembelajaran sehingga peserta didik tidak terlalu aktif dalam pembelajaran, sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku teks, dan materinya belum terintegrasi potensi daerah. Berdasarkan analisis potensi daerah menunjukkan bahwa Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan terhadap bencana salah satunya kebakaran. Untuk mengimplemetasikan pengetahuan bencana membutuhkan sarana yang dapat menghadirkan bencana tersebut secara nyata, yaitu berupa bahan ajar non cetak salah satunya e-modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul Fisika SMA terintegrasi materi kebakaran berbasis model Problem Based Learning dengan kriteria valid, praktis,dan efektif. J enis penelitian adalah research and development dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap penelitian yaitu preliminary research, development or prototyping phase, and asessment phase. Data penelitian adalah data analisis kebutuhan dan konteks, validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Instrumen penelitian adalah angket analisis kebutuhan, lembar validasi tenaga ahli, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data adalah validitas dianalisis dengan formula aiken's V, praktikalitas dianalisis menggunakan skala Likert, dan efektivitas dianalisis menggunakan formula N-Gain. Hasil penelitian pada tahap pendahuluan diperoleh analisis standar kompetensi lulusan berada pada kategori baik, kegiatan pembelaj aran berada pada kategori sangat baik, peserta didik berada pada kategori cukup. Hasil penelitian pada tahap pengembangan e-modul memenuhi kriteria valid dan sangat praktis. Hasil penelitian pada tahap evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan e-modul efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik mencakup pengetahuan. Implikasi penelitian ini adalah e-modul Fisika SMA terintegrasi materi kebakaran berbasis model Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar fisika di SMA sehingga guru memiliki sumber belajar yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:34
Last Modified: 05 Apr 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27800

Actions (login required)

View Item View Item