Pengembangan Media Pembelajaran Box Gerhana Berbasis Teknologi Power Miror.

Januar, Exsaris (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Box Gerhana Berbasis Teknologi Power Miror. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_EXSARIS_JANUAR_18124014_71_2020.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi peneliti dengan hasil temuan kurangnya media pembelajaran berbasis teknologi di Sekolah Dasar pada tema 8 Subtema 3 Matahari, Bumi dan Bulan. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran Box Gerhana berbasis teknologi Power Miror yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang dipilih dalam penelitian adalah pengembangan model 4-D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Hasil Uji Validasi menyatakan bahwa media pembelajaran Box Gerhana sangat valid digunakan berada pada angka 4,25 atau 85%. Sedangkan dalam uji Praktikalitas yang dilihat dari respon guru dan peserta didik menyatakan bahwa media pembelajaran Praktis digunakan dengan validasi 3,77 atau 94,25%. Peserta didik yang suka media pembelajaran sebanyak 13 orang atau 92,8%. Untuk uji Efektifitas media Box Gerhana berpengaruh terhadap aktifitas dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah digunakan media Box Gerhana. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa media pembelajaran Box Gerhana Berbasis Teknologi Power Miror sangat valid, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran di kelas VI tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1,2, dan 5.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:11
Last Modified: 05 Apr 2021 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27793

Actions (login required)

View Item View Item