Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Berbasis Konstruktivisme Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus

Fatimah, Siti (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Berbasis Konstruktivisme Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SITI_FATIMAH_15205051_1375_2019.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan penalaran matematis mahasiswa, penyusunan perangkat pembelajaran pada mata kuliah kalkulus yang masih belum sesuai dengan karakteristik mahasiswa merupakan masalah yang ditemukan di lapangan. Untuk itu, telah dirancang sebuah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran pada mata kuliah kalkulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan mengungkapkan proses pengembangan perangkat pembelajaran kalkulus berbasis pendekatan konstruktivisme berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penilaian. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika IAIN Bukittinggi tingkat 1 angkatan 2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi SAP, lembar validasi LKM, angket respon dosen, angket respon mahasiswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil analisis terhadap lembar validasi SAP dan LKM dengan kriteria valid. Perangkat pembelajaran sangat praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon dosen, angket respon mahasiswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Selain itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Sehingga penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:07
Last Modified: 28 Jul 2020 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item View Item