Evaluasi Program Pembinaan Atlet Renang Klub Akuatik lndah Abadi AIA)Desa Perawang Barat Kecamatan Tualang kabupaten Siak

Gustiawan, Ade (2020) Evaluasi Program Pembinaan Atlet Renang Klub Akuatik lndah Abadi AIA)Desa Perawang Barat Kecamatan Tualang kabupaten Siak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ADE_GUSTIAWAN_17199001_234_2020.pdf

Download (821kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian dilatarbelakangi karena belum maksimalnya prestasi atlet renang Klub AIA Desa Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, seperti mengikuti Event PARISAKTI Open dan Indonesia Open. Hal ini di duga, karena program pembinaan yang diberikan kepada atlet kurang berjalan secara maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi program pembinaan atlet renang Klub AIA. Metode penelitian adalah penelitian evaluasi program model CIPPO dengan informan pengurus, pelatih dan atlet-atlet renang Klub AIA. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)aspek Context, program pembinaan yang dilakukan bertujuan untuk melahirkan atlet-atlet yang berprestasi pada cabang olahraga renang, baik pada tingkat Daerah, Provinsi dan bahkan Nasional. Adanya dukungan sosial, seperti motivasi dari orang tua, pengurus, pelatih, dan lingkungan sekitar. Adanya dukungan ekonomi, seperti anggaran program pembinaan berasal dari PT Indah Kiat dan orang tua atlet, serta Sponsor dari Koni Siak dan PRSI, (2) aspek Input, tidak adanya dokumen perencanaan latihan dan pedoman program latihan secara tertulis (harian, mingguan, bulanan dan tahunan serta buku pedoman latihan). Belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, seperti lintasan, pengukur waktu, dan tribun penonton serta kolam renang yang bukan milik Klub AIA, (3) aspek Process, tidak adanya persiapan pelatih secara tertulis. Pelaksanaan program latihan yang diberikan sesuai dengan standar PRSI. Latihan fisik seperti, lari, push up, pull up, squat thrust, dan lain- lain. Latihan teknik sesuai dengan nomor renang yaitu 16 kali untuk setiap gayanya dan 8 kali untuk kaki bebas, kaki dada, kaki kupu dan kaki punggung. Latihan mental seperti pertandingan uji coba, (4) aspek Product, adanya prestasi atlet dalam kejuaraan yang diikuti seperti Krapsu, Krapsi, Kejuprov, Poprov,02SN, dan lain-lain. Adanya perubahan sikap atlet seperti, disiplin, sopan santun, sportif dan rasa peduli satu sama lainnya, dan ( 5) aspek Outcome, adanya manfaat program pembinaan yang telah dilaksanakan baik bagi pengurus, pelatih dan atlet karena atlet dapat berprestasi dalam beberapa kejuaraan yang diikuti dengan usia yang relatif muda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 00:58
Last Modified: 29 Mar 2021 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27777

Actions (login required)

View Item View Item