Model PACTA pada Teknologi Transmisi Daya Listrik

Junaidi, Agus (2019) Model PACTA pada Teknologi Transmisi Daya Listrik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_AGUS_JUNAIDI_15193001_4901_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui keterampilan berpikir kritis dan analitis pada mata kuliah Transmisi Daya Listrik (TDL). Materi pembelajaran pada mata kuliah TDL memiliki karakteristik abstrak yang berhubungan dengan model matematis, memerlukan pemecahan masalah secara analisis. Bagi mahasiswa yang belum menerapkan kemampuan berpikir kritis akan mengalami kesulitan memahami bidang kajian dari mata kuliah TDL. Metode yang digunakan dalam menerapkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran TDL terkait ranah cognitif Taksonomi Bloom. Mahasiswa yang menerapkan keterampilan berpikir Lower Other Thinking Skill (LOTS) pada matakuliah TDL, akan mengalami hambatan dalam menyelesaikan masalah pembelajaran TDL karena TDL membutuhkan pendekatan HOTS. Keterampilan berpikir Higher Other Thinking Skill (HOTS) menjadi peluang untuk penguatan kompetensi mahasiswa dalam belajar bidang TDL. Model pembelajaran yang memenuhi karateristik pemecahan masalah dengan ketrampilan analitis diantara model lain yaitu Inquary based Learning (IbL), IbL menjadi dasar dikembangkan model PACTA. Delapan tahapan sintak IbL dijadikan sebagai acuan pengembangan model PACTA. Prosedur pengembangan model PACTA berdasarkan pada karakteristik IbL dilakukan menggunakan 6 tahapan pengembangan dari mulai need assesment sampai pada uji coba skala besar dan produk akhir. Model PACTA menghasilkan 5 sintak yaitu: Phenomenon, Assumption, Construct Modelling of System, Tracking and Anaylsis and Assesment. Konstruk sintak model PACTA di uji melalui penilaian para ahli dan dianalisis dengan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA) berbasis perangkat lunak Lisrel. Hasil uji konstruk sintak, memenuhi kirteria goodness-of-fit-models dengan nilai RMSEA < 0,05, indek p-value > 0,02 dan koefesien nilai x2/df ≤ 2 sehingga model PACTA dinyatakan valid. Model PACTA juga diuji efektifitas dan praktikalitas. Uji efektifitas pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan model PACTA menunjukkan hasil belajar mahasiswa lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Uji praktikalitas terhadap produk-produk dari hasil pengembangan model PACTA dinyatakan praktis oleh pengguna (dosen dan mahasiswa).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:38
Last Modified: 24 Jul 2020 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27775

Actions (login required)

View Item View Item