Studi Kasus Keterlambata Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang

Siregar, Aisyah Oktavia (2019) Studi Kasus Keterlambata Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AISYAH_OKTAVIA_SIREGAR_15022081_4473_2019.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan peneliti menemukan bahwa kemampuan anak FHN mengalami keterlambatan bicara di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 29 Padang. Hal ini dilahat dari tingkah laku yang ditunjukkan anak seperti artikulasi anak dalam berbicara tidak jelas, kesulitan untuk menyampaikan sesuatu, perkembangan bicara anak tidak sesuai dengan tahapan umur anak yang semestinya. Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan bicara anak usia 6 tahun di TK Aisyiyah 29 Padang dan solusi dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian adalah orangtua dan guru kelas B-5 TK Aisyiyah 29 Padang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi, wawancara dan Catatan Lapangan. Adapun teknik analisis data mengikuti langkah Miles dan Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) verifikasi.Sedangkan teknik pengabsahan data yang igunakan berupa perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan tringlasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa faktor keterlambatan bicara anak di TK aisyiyah 29 Padang dan solusi dalam menghadapinya. Faktor keterlambatan bicara anak seperti 1) pengetahuan masih kurang: belum bisa mengenal huruf dan angka. 2) bahasa kedua: anak bingung menggunakan bahasa. 3) gaya bicara: dalam berbicara anak lembut, pelan, dan tidak jelas. 4) hubungan orangtua: orangtua sibuk dan kurang memperhatikan perkembangan anak. 5) Kesehatan : Pendengaran, hidung dan lidah anak tidak mengalami masalah. Hasil temuan tersebut didukung oleh teori dan pendapat ahli yang berkaitan. Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh peneliti yaitu membuat kegiatan belajar mengajar dengan anak. Menstimulasi anak agar mengucapkan angka dan huruf, mengetahui dan menyebutkan berbagai warna, mengajak anak menulis dan mewarnai. Melakukan suatu obrolan agar anak terstimulasi supaya terlatih dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:37
Last Modified: 24 Jul 2020 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27760

Actions (login required)

View Item View Item