Pengembangan Pembelajaran Daring Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital di SMK Negeri 7 Batam.

Taufiqurrohman, Taufiqurrohman (2019) Pengembangan Pembelajaran Daring Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital di SMK Negeri 7 Batam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TAUFIQURROHMAN_16138094_2293_2019.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tes awal hasil belajar peserta didik mata pelajaran SimKomDig di SMK Negeri 7 Batam 65,35. Pengamatan dilapangan didapatkan bahwa kurang beragamnya media pembelajaran, sementara sekolah tersebut sudah memiliki fasilitas internet yang cukup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kevalidan hasil pengembangan pembelajaran daring berbasis schoology, (2) kepraktisan hasil pembelajaran daring berbasis schoology (3) keefektifan hasil pengembangan pembelajaran daring berbasis schoology dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development. Model yang digunakan adalah ADDIE. Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian media pembelajaran yang disajikan kepada ahli media, ahli materi, guru, sedangkan angket respon siswa terhadap media pembelajaran untuk menentukan kepraktisan media. Serta tes hasil belajar untuk menentukan keefektifan media. Media pembelajaran daring berbasis schoology divalidasi oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru. Uji coba lapangan dilakukan kepada 36 siswa kelas X SMK Negeri 7 Batam. Hasil analisis penelitian ini didapatkan hasil kevalidan media dari aspek bahasa, interaksi pembelajaran, tampilan didapatkan rata-rata 0,85 yang merupakan kategori sangat valid, sedangkan ahli materi dari aspek kualitas isi, pembelajaran, interaksi, dan tampilan, didapatkan rata-rata 0,88 yang merupakan sangat valid. Media pembelajaran praktis digunakan. Hal ini dapat dilihat dari presentase kepraktisan media. Hasil presentase kepraktisan media pembelajaran oleh siswa sebesar 73,43%, sedangkan presentase kepraktisan media oleh guru sebesar 87%. Media pembelajaran daring berbasis schoologu efektif digunakan. Kefefektifan media dilihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar sebelum penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan didapatkan dari 36 orang peserta didik kelas X jurusan perbankan 1 nilai rata rata 64,86, kemudian setelah penerapan pengembangan media pembelajaran dilakukan penilaian posttest dengan hasil rata-rata 80,28. Melalui uji gain score dimana nilainya sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Disimpulkan pembelajaran menggunakan media efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, kefektifan, sehingga media pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran SimKomDig materi presentasi video.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:32
Last Modified: 23 Jul 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27758

Actions (login required)

View Item View Item