Kontribusi Adversity Quotient dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Padang serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Fadhila, Shelly (2019) Kontribusi Adversity Quotient dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 5 Padang serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SHELLY_FADHILA_16151043_4825_2019.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Beberapa aspek yang diduga menjadi faktor penyebab kesuksesan atau kegagalan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang baik adalah kemampuan siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dialaminya (adversity quotient) dan kepercayaan diri kita terhadap kemampuan kita sendiri (self efficacy). Penelitian ini bertujuan untuk melihat : (1) gambaran adversity quotient, self efficacy, dan hasil belajar siswa, (2) kontribusi adversity quotient terhadap hasil belajar siswa, (3) kontribusi self efficacy terhadap hasil belajar siswa, (4) kontribusi adversity quotient dan self efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Sampel berjumlah 200 siswa yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah intrumen adversity quotient, self efficacy dengan model skala Likert, serta nilai hasil ujian semester siswa. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen adversity quotient dan self efficacy menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara umum gambaran adversity quotient siswa berada pada kategori rendah, (2) secara umum gambaran self efficacy berada pada kategori rendah, (3) secara umum gambaran hasil belajar berada pada kategori sedang, (4) terdapat kontribusi adversity quotient yang signifikan terhadap hasil belajar, (5) terdapat kontribusi self efficacy yang signifikan terhadap hasil belajar, dan (6) terdapat kontribusi adversity quotient dan self efficacy secara bersama-sama yang signifikan terhadap hasil belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa dalam penyusunan program pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, khususnya SMP Muhammadiyah 5 Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:32
Last Modified: 23 Jul 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27756

Actions (login required)

View Item View Item