Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning terintegrasi pembelajaran abad 21

Raya, Dewi (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning terintegrasi pembelajaran abad 21. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DEWI_RAYA_16175041_5082_2019.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Integrasi pembelajaran abad ke-21 ke dalam sistem pembelajaran sangat mendesak untuk dilakukan. Pembelajaran abad ke-21 mengintegrasikan kemampuan literasi, kemampuan pengetahuan (HOTS), keterampilan (4C) dan sikap (PPK) dan juga master dalam keterampilan teknologi. Namun, pada kenyataannya kemampuan keterampilan siswa belum berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, guru harus dapat mengembangkan sistem pembelajaran yang menggunakan model penemuan pembelajaran yang terintegrasi ke dalam pembelajaran abad ke-21. penilaian dalam penelitian ini termasuk penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan dan penilaian keterampilan abad ke-21 (4C). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran pembelajaran terintegrasi model pembelajaran pembelajaran abad 21 yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, dan analisis konsep. Pada fase prototype dilakukan perancangan RPP, handout dan LKPD dengan menggunakan model Discovery Learning terintegrasi pembelajaran abad 21 pada materi hukum Newton, kemudian dilakukan evaluasi sendiri yang didiskusikan dengan pembimbing. Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, angket praktikalitas pendidik, angket praktikalitas peserta didik. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar peserta didik berupa tes akhir untuk melihat hasil ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; ; RPP dengan rata-rata, 83 (valid); LKS dengan rata-rata 0,81 (valid); LKPD dengan rata-rata 0,83 (valid); dan Penilaian dengan rata-rata 0,82 (valid); Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: skor rata-rata 74,1%; Tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran rata-rata 89,12 (praktis) sedangkan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dilihat dari hasil belajar siswa, yaitu lebih dari 85% siswa telah melampaui KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:01
Last Modified: 22 Jul 2020 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27754

Actions (login required)

View Item View Item